Pages

Kehangatan Bersama Kayu Manis



Assalamualaikum Wr. Wb.

Musim hujan mulai datang. Siap-siap kebanjiran. Eh, curcol

Biasanya kalau masa-masa peralihan seperti ini daya tahan tubuh pasti akan menurun hingga selanjutnya melakukan adaptasi. Terutama bagi anak-anak. Anak-anakku sih..., soalnya rumahku tuh kalau hujan sedikit langsung aja ada genangan air di depan rumah. Dan, otomatis anak-anak maunya turun main air. 

Nah, sebagai emak-emak, feeling ke-emak-annya pasti langsung on. Kita ga mau kan anak-anak pada sakit, khusus bagi saya, ini agak susah. Kan airnya di depan rumah. Emak meleng dikit, anak-anak langsung deh pada turun, nah, kalau emaknya melengnya kelamaan yang ada mereka udah pada gupak deh. *eh, kira-kira pada ngerti gupak ga? Hihiiii....
Ga jarang anak-anak aku kunciin pintu ga boleh keluar *emak sadis
Atau aku suruh main air di kamar mandi, berendem di bak plastik yang gede pakai air bersih.  Tapi ya tetep ajaa....

Melihat kelakuan anak-anak yang agak sulit dicegah ini, mau ga mau ya emaknya harus inisiatif. 

Biasanya nih, hal yang paling gampang banget yang aku lakukan tuh, bikin minuman hangat-hangat buat keluarga. Seperti teh manis untuk anak-anak, kopi untuk abi-nya anak-anak. Dan, aku tambahkan kayu manis pada minuman mereka. Awalnya iseng-iseng, karena aku punya lebihan kayu manis banyak  pasca Idul Fitri, terus kalau aku mau bikin minuman hangat, airnya aku rebus bareng sama kayu manis. Dengan aroma dan rasanya yang khas ternyata suamiku suka, ya alhamdulillah banget.

Kayu manis itu gampang banget kita dapetin. Di pasar, di supermarket bagian bumbu-bumbu kemasan juga ada koq dan yang pasti harganya murah meriah.
Tanaman kayu manis awalnya berasal dari Mesir lalu merambat ke India, Srilangka hingga akhirnya ke Nusantara.
Konon, pada zaman dahulu kala, Bangsa Belanda sangat berminat menguasai perdagangan kayu manis, sehingga para penjajah memaksa bangsa kita untuk membuidayakannya dalam sistem romusha yang mereka tetapkan, menjualnya ke pasar dunia yang biasanya dijadikan sajian dalam acara-acara para bangsawan. *Deuh, kenapa jadi mengungkit masa lalu yang kelam itu yah?

Kenapa kayu manis begitu menjadi incaran penjajah saat itu? Ternyata, usut punya usut, kayu manis itu selain memberikan aroma dan juga cita rasa yang khas juga memiliki khasiat tinggi dalam bidang kesehatan.  

Seperti beberapa yang berhasil aku dapetin dari bisikannya si Mbah Gugel ini:

~ Kayu Manis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol karena mengandung serat, mineral, kalsium, mangan dan yang lainnya, juga dapat melancarkan saluran pencernaan kita.

~ Mencegah dan mengobati diabetes, kayu manis dapat ikut berperan serta dalam meningkatkan kinerja insulin dalam tubuh jika dikonsumsi secara teratur.

~ Khusus bagi kaum wanita, kau manis juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada saat haid, menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang berada di dalam tubuh dan juga dapat mengurangi resiko alzhemeir.

~ Memperkuat daya tahan tubuh, agar tidak mudah flu dan sebagainya.

~ Dan, yang paling cepat kita rasakan adalah, kayu manis dapat memberikan rasa hangat dalam tubuh. 

Saat  musim yang akan segera menyebarkan rasa dingin seperti ini, ga ada salahnya kita coba meracik minuman hangat bersama kayu manis, dapat ditambah dengan cemilan-cemilan lain dan juga diselingi canda tawa antara anggota keluarga. Dijamin deh kehangatan pasti akan selalu menyelimuti rumah kita.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

10 comments:

  1. Saya suka kayu manis plus madu. Enaaak dan hangat :-)

    ReplyDelete
  2. kayu manis itu wanginya enak. Kalau lagi masak pakai bumbu kayu manis, rasanya jadi laper :D

    ReplyDelete
  3. mba, bisa buat apa aja? teh dan jahe kali yaa???

    ReplyDelete
  4. Iya Mak, kayu manis itu bikin hangat tubuh. Pernah coba... tapi saat itu cuma ingin tahu rasanya ajja...

    ReplyDelete
  5. Harus direbus bareng airnya ya mbak? Kalau ditambahain di minuman langsung sama gak? Soalnya punya stok yang bubuk

    ReplyDelete
  6. enak bgt kayu manis ituuu.... aku paling suka roti cinnamon yg kayumanisnya kuat... wangii.apalagi kalo abis dibaked ya mba... laper lgs.. utk minuman jg okelah

    ReplyDelete
  7. Manfaatny banyak banget ya, Mbak. Bisa dipraktikan dirumah, nih. Kebetulan Musim hujan begini biasanya pengen yang anget-anget.

    ReplyDelete
  8. Wah...ternyata banyak sekali manfaat nya ya mbak..perlu dicoba nih karena kayaknya saya mudah flu apalagi musim penghujan begini ya, hihii...

    ReplyDelete
  9. kayu manis nyarinya di mana yaa.. hmm

    ReplyDelete
  10. Aq juga d jalan banjir klo ujan gede hihi *malah curcol. Minuman anget pake kayu manis emg cocok bgt d musim ujan gini ya

    ReplyDelete

Tinggalkan jejakmu di sini :)
Maaf, mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Thanks.