Poin Penting yang Harus Dimiliki Jika Kamu Ingin Jadi Seorang Blogger


Emang enak yah jadi seorang blogger? Tanya teman saya di satu hari. Ya enaklah, jawab saya simple. Kalau ada yang tanya ke sana tentang pengalaman jadi seorang blogger, pasti saya jawab yang enaknya aja. Ngga perlulah cerita yang pahit-pahitnya. Mungkin karena jawaban yang saya berikan seperti ini, banyak teman  yang akhirnya memutuskannya ikut ngeblog juga. Nah, kalau udah terjun kaya gini kan bisa tahu bagaimana pahitnya jadi seorang blogger. Terutama merawat blog yang harus selalu diupdate artikelnya. Belum lagi yang namanya cari statistik, backlink. Tapi yah, kalau udah bisa ngelewatin pahitnya ini, manisnya pasti terasa koq. 

Yang pasti sih, apa saja yang kita kerjakan dengan senang hati pasti akan membawa hasil yang baik. 

Terus susah ngga sih jadi seorang blogger? Susah-susah gampang sih. Menurut saya kuncinya adalah sebuah ketekunan. Punya misi dan tujuan untuk blog yang dibangun dari nol hingga nanti kedepannya  akan semakin terarah.
Banyak lho blogger berprestasi yang dapat mengumpulkan pundi pundi hingga beranak pinak. Ada juga blogger yang memang hanya ingin menyalurkan hobi kemudian menekuni dunia blogging dengan sepenuh hati dan penghasilan yang ia dapatkan tak dapat dinilai dengan materi. 
Jadi apa aja sih yang diperlukan untuk menjadi seorang blogger? 

1. Tekad yang kuat 
Kalau mau melakukan sesuatu memang perlu banget tekad yang kuat ini. Halah, cuma ngeblog aja koq pake tekad yang kuat segala. Eits, jangan salah. Banyak teman-teman yang awalnya semangat buat mau ngeblog tapi akhirnya mandeg. Kalau kamu udah yakin dan bertekad walau nanti ada saatnya mandeg nulis tapi pasti ada waktunya untuk kembali nulis lagi di blog.

2. Peralatan 
Peralatan seorang blogger, ada banyak macamnya. Dari yang murah meriah, sampai yang mahal-mahal tergantung kemampuan bloggernya sih. Untuk yang sederhana bisa cukup dengan menggunakan smartphone yang bisa untuk nulis paragraf  panjang, kamera dan terkoneksi internet dengan baik. Tapi ada kalanya blogger juga perlu laptop supaya bisa menhasilkan konten yang bagus. Makanya saya sering intip harga laptop Asus incaran saya yang semoga aja terbeli dalam waktu dekat. 

3. Komunitas
Komunitas ini sangat penting buat kemajuan blog yang dikelola dan juga buat bloggernya sendiri. Dengan bergabung di dalam komunitas, kita bisa tahu berbagai informasi. Kita juga bisa mengikuti acara-acara yang diselenggarakan oleh komunitas jika kita minati. Entah itu lomba, met up community, hingga monetize blog yang kita miliki.  Jadi jangan ragu untuk gabung dengan banyak komunitas blogger yang ada.

4. Ketekunan 
Seperti yang saya bilang tadi, seorang blogger itu harus tekun. Tekun mencari materi konten. Tekun membuat backlink salah satunya dengan blog walking atau mengunjungi dan berkomentar di blog teman-teman sesama blogger lainnya. Tekun mengupgrade informasi agar bisa memberi manfaat pada pengunjung blognya. Dan yang pasti harus tekun menulis buat update artikel di blognya.

Nah poin-poin di atas adalah berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang blogger selama ini, semoga bisa bermanfaat bagi semu teman-teman. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Poin Penting yang Harus Dimiliki Jika Kamu Ingin Jadi Seorang Blogger "

Post a Comment

Tinggalkan jejakmu di sini :)
Maaf, mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Thanks.