Pastikan Smartphone Anda Aman Untuk Anak


Smartphone Aman Untuk Anak


Penting ngga sih sebuah smartphone untuk anak? Pertanyaan ini sih pasti macam-macam jawabannya. Dari A sampai Z kali yah. Namanya juga setiap orang pasti berbeda isi kepalanya. Setiap rumah tangga pasti berbeda penerapan aturan pada anggota keluarganya.

Saya nulis ini karena lagi ramai berita anak di bawah lima tahun yang lagi nunggu di lobi sebuah RS sambil megang smartphone milik orang tuanya. Yang ditonton anak itu apa deh, coba? Konten dewasa. Padahal ibunya duduk di sampingnya lho.

Ya ngga tau juga itu ibu sengaja nyimpen video apa ngga di smartphone-nya. Bisa aja dia dapet kiriman dari grup WA yang otomatis tersimpan ke galeri. Tapi yang jelas, ibu itu sudah teledor. Kenapa ngga diperiksa dulu tuh hape sebelum dipegang anak? Terus ngapain di save juga kan? Langsung aja sih praktek sama pasangan halalnya, udah emak-emak juga pasti udah banyak jurus-jurus yang dihapal. 

Yang pasti sih agak shock aja saya pas liat kejadian itu. Coba deh pikirin, banyak anak salah jalan gara-gara kesalahan orang tuanya. Ngeri kan? 

Oiya, saya jadi inget kejadian waktu Kakak TK. Waktu itu sih pas acara lomba, ada acara tukeran kado juga yang diikuti wali murid. Ada satu waktu di mana anak-anak kumpul dan melihat ke sebuah benda yang dipegang oleh temannya. Tau dong apa? Iyes, smartphone.

Insting saya sebagai emak langsung ON seketika, soalnya Kakak juga ikutan ngerubung di sana. Saya samperin dan saya periksa.



"Nonton apa?"
Tanpa menunggu jawaban, saya ambil smartphonenya. Terus saya komplen ke ibu yang punya smarphone itu.

"Bu, ini anak-anak jadi pada nonton nih. Video apa sih tuh?" Tanya saya dengan suara agak keras.

"Ngga koq, Bu. Itu aman, cuma film horor." Jawab ibu itu.

Saya nelen ludah. Cuma.... film horor. Tau kan film horor dalam negeri itu kaya apa? Walau pun mungkin itu ngga ada adegan apalah apalah. Tapi kalau buat saya film horor bukanlah salah satu tontonan yang bisa dilihat bagi anak-anak. Anak saya sih yang pasti ngga boleh nonton.

Terus kalau anak orang lain, gimana? Ya terserah emaknya yang ngedidik. Tapi kalau emaknya ada di dekat saya, paling saya cuma bilang kalau tontonan itu ngga bagus buat anak. Salah satu cara penyampaian saya ya seperti itu tadi. Berharap kalau orang tuanya tanggap.

Jangan lengah sama smartphone ya, Buibu.

Aktifkan parenting control di tiap aplikasi kalau anak suka pegang smartphone-nya. Jangan sampai anak-anak rusak karena kecerobohan orang tuanya sendiri. Banyak-banyak doa, mohon bimbingan Allaah SWT dalam membimbing anak-anak kita.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pastikan Smartphone Anda Aman Untuk Anak"

  1. Ngeri ya Mba' bahaya gadget ini kalo kita orang tua nggak aware sama anak yang megang hp, dibiarin aja. Semoga Allah selalu menjaga anak-anak kita, Aamiin

    ReplyDelete

Tinggalkan jejakmu di sini :)
Maaf, mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Thanks.