Budaya Unik di Thailand, Kamu Harus Tahu Sebelum Liburan ke Sana

Budaya Unik di Thailand, Kamu Harus Tahu Sebelum Liburan ke Sana
budaya unik yang ada di Thailand
sumber:alwaysdive.com.au



Punya rencana liburan ke Thailand dalam waktu dekat? Sebelum berangkat ke sana, ada baiknya kamu mempelajari budaya-budaya unik di Thailand. Kenapa? Agar kamu nggak jadi tamu yang kurang ajar selama di negeri orang.

Menghormati budaya sebuah daerah yang kita kunjungi adalah kewajiban sebagai turis. Meski tamu adalah raja, tapi tetap harus memiliki sopan santun terhadap tuan rumah. Salah satu caranya adalah dengan menghormati budaya dan adat istiadat tempat di mana kita liburan. 

Apa saja sih budaya unik yang ada di Thailand?

Sopan Santun

budaya unik yang ada di Thailand

sumber:quora.com


Thailand adalah Negara yang memiliki tingkat kesopanan yang tinggi. Kamu bisa melihatnya sejak pertama kali menginjakkan kaki di Thai Airways, maskapai kebanggaan Negeri Gajah Putih ini.

Semua awak kabin Thai Airways sangat sopan, mereka tidak memandang beda pada penumpang kelas ekonomi dan eksekutif. Semua diperlakukan dengan sama, sopan dan ramah.

Hal yang sama juga terasa ketika mendarat dari Thai Airways dan bertemu dengan penduduk asli Thailand. Semua orang di Negara ini ramah, baik dan sopan kepada turis, membuat siapa saja betah liburan ke sana.

Percaya Takhayul

Masyarakat Thailand sangat percaya dengan takhayul dan ramalan dari dukun. Ketika mereka tidak diperbolehkan melakukan sesuatu oleh dukun/cenayang, pasti tidak akan melakukannya, dengan alasan apapun.

Beberapa takhayul juga berlaku di tempat wisata. Biasanya guide akan memberi tahu apakah ada larangan tertentu atau tidak di lokasi wisata. Seperti larangan memakai baju warna tertentu di pantai, yang sebaiknya kamu ikuti demi keselamatan dan kenyamanan selama liburan.

Harus Menyanyikan Lagu Negara di Tiap Acara Pertunjukan
Mau konser musik atau nonton bioskop, masyarakat Thailand diwajibkan untuk menyanyikan lagu kebangsaan terlebih dahulu. Jadilah turis yang sopan dengan turut berdiri ketika lagu kebangsaan dinyanyikan. Tak perlu ikut bernyanyi jika memang tidak bisa, namun tetaplah hening sampai lagu selesai dinyanyikan.

Punya Daftar Senyum Resmi

budaya unik yang ada di Thailand
sumber:expique.com


Selain sikap sopan dan ramah yang luar biasa, Thailand juga punya aturan baku tentang senyum. Sejauh ini, ada 13 cara resmi untuk tersenyum, dengan arti masing-masing. Dari cara senyum ini, kamu bisa membedakan apa mau dari masyarakat setempat kepada turis yang disapa.

Tidak Punya Sendok Khusus Untuk Hidangan
Kamu makan di restoran atau di rumah keluarga Thailand, jangan harap bertemu dengan sendok hidangan seperti yang ada di Indonesia. Peralatan makan yang kamu pakai, itulah yang digunakan untuk mengambil hidangan di meja. Tak perlu jijik, jika tidak terbiasa, ambillah makanan secukupnya agar tidak perlu mengambil lagi.

Menghormati Keluarga Kerajaan
Masyarakat Thailand sangat menghormati keluarga Kerajaan yang baru saja berganti pucuk pimpinan. Ketika Raja berpulang, Thailand melangsungkan masa bela sungkawa selama beberapa minggu. Tak boleh ada kegiatan hura-hura selama masa berkabung ini, dan turis pun harus ikut melakukannya.

Gajah Putih
budaya unik yang ada di Thailand
sumber:thailandwanderer.com

Negeri ini punya julukan gajah putih karena mereka memang memiliki hewan ini. Di Thailand, gajah adalah hewan yang sangat mudah ditemui. Saking banyaknya, sampai menjadi ciri khas dari Thailand.
Gajah, dengan berbagai bentuknya, menjadi souvenir khas Thailand yang dirupakan dalam bermacam benda. Mulai dari gantungan kunci, tas, penutup tempat tissue dan banyak benda lainnya yang bisa kamu jadikan oleh-oleh.

Nah, sekarang sudah tahu kan di Thailand ada budaya unik apa saja? Selamat liburan dan jadilah turis yang menyenangkan buat tuan rumah.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Budaya Unik di Thailand, Kamu Harus Tahu Sebelum Liburan ke Sana"

  1. Daftar senyum? Baru tau saya mbak hehe.
    Memang sebaiknya sebelum ke negeri orang selalu mempelajari budaya mereka agar tidak salting sendiri hihi. Nice info mbak :)

    ReplyDelete
  2. Santun dan ramahnya bikin aku senang ketika liburan ke Bangkok. Rasanya malah lebih ramah dibanding di Jakarta, kalau membandingkan sama-sama ibu kota negara ya.
    Tapi aku baru tahu kalau sampai ada 13 resmi cara tersenyum.

    ReplyDelete
  3. Thailand ini indah-indah banget sih..:)

    ReplyDelete
  4. waktu saya ke Thailand, semuanya nampak biasa-biasa aja.
    mungkin karena saya nggak membaur ke kehidupan orang lokal kali ya. hehehe

    ReplyDelete
  5. Salah satu destinasi yang jadi cita-cita ini mah...

    ReplyDelete

Tinggalkan jejakmu di sini :)
Maaf, mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Thanks.