Pages

Dukung 100% Produk Kreatif Asli Indonesia Untuk Menguatkan Perekonomian Individu, Masyarakat dan Negara

 100% Produk Kreatif Asli Indonesia


100% Produk Kreatif Asli Indonesia yang berasal dari sebuah ide dan kreatifitas ditambah dengan kepercayaan diri sumber daya manusia dapat meningkatkan perekonomian, baik individu, keluarga, masyarakat dan juga negara. 

Saat ini banyak di antara kita yang mencemaskan keadaan ekonomi, baik diri sendiri, keluarga, orang-orang di sekitar kita bahkan keadaan ekonomi negara. Namun, tidak sedikit yang akhirnya terperosok keadaan untuk selalu berkeluh kesah hingga saling menyalahkan satu sama lain.

Pasar bebas yang terbentang luas. Serbuan produk-produk negara lain mulai memenuhi pasar dalam negeri. Harga yang ditawarkan pun jelas menggugah selera. Hal ini tentu mengundang pro dan kontra.

Menguatkan keadaan ekonomi negara kita, dibutuhkan peran serta semua kalangan. Baik itu dari pelaku industri, pemerintah dan juga masyarakat sendiri.

Kepedulian kita terhadap hal ini dapat diwujudkan dengan ikut berpartisipasi dalam meningkatkan perekonomian, sesuai dengan apa yang bisa kita lakukan.
 100% Produk Kreatif Asli Indonesia
Salah satu aspek yang dapat membantu meningkatkan perekonomian secara perlahan tapi pasti adalah gerakan perekonomian yang dijalankan oleh kekuatan akar rumput.

Gerakan perekonomian akar rumput mampu menghasilkan 100% produk kreatif asli Indonesia. Yaitu gerakan industri kecil yang dijalankan dengan giat, penuh ketelitian dan juga kesabaran. Gerakan ini mampu bertahan dalam jangka panjang dan mampu mengangkat perekonomian masyarakat sekitar yang awalnya tidak memiliki penghasilan. 

Semakin lama pelaku bisnis produk kreatif 100% Indonesia yang mendunia semakin banyak dan diharapkan dapat meningkat terus menembus pasar internasional.

Produk kreatif 100% Indonesia yang mendunia dapat berjalan dengan dukungan berbagai pihak, seperti yang saya jabarkan di bawah ini:

Peran Serta Pelaku Industri Kreatif

 100% Produk Kreatif Asli Indonesia

Pada tanggal 20 November 2016 kemarin, saya mengikuti sebuah acara bincang-bincang di Kota Bogor, acara itu menghadirkan beberapa narasumber inspiratif. Salah satunya yang akan saya paparkan sebagai contoh saat ini adalah Ibu Aling Nurnaluri, salah seorang pendiri sebuah bisnis berbasis sosial yang diberi nama Salam Rancage.

Salam Rancage memiliki arti Sekolah Terampil yang berfokus pada pemberdayaan perempuan dan warga di lingkungan sekitar.

 100% Produk Kreatif Asli Indonesia

Salam Rancage didirikan oleh dua orang muslimah yaitu Ibu Aling Nurnaluri dan Ibu Tri Permana Dewi. Kedua ibu kreatif ini sama-sama tergabung dalam Sekolah Alam Bogor yang memiliki berbagai program, salah satunya adalah Program Bank Sampah. Seiring berjalannya waktu mereka pun mencari ide agar dapat mengoptimalkan Program Bank Sampah agar dapat dijadikan sesuatu yang jauh lebih bermanfaat.

Hingga akhirnya Kampung Koran pun tercipta. Kertas koran dan sampah plastik adalah sampah anorganik yang paling banyak ditemukan. Kemudian terlintaslah ide untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan yang berasal dari kertas koran yang dianyam.

Pada saat itu, Ibu Aling bercerita di atas panggung.

Apa yang kita punya di tengah kota saat ini? 
Tak ada sumber daya alam yang dapat kita gunakan, tak ada sumber daya manusia profesional yang dapat memberikan ilmu dan juga mengajarkan kita untuk berbisnis hingga sukses. 
Yang kita punya hanyalah sampah diberbagai tempat dan juga ibu-ibu rumah tangga yang jika dipaksakan untuk bekerja, mereka hanya mendapatkan upah sangat minim.

Sampah.
Ya sampah dari kertas-kertas koran yang berasal dari bank sampah akhirnya mereka olah untuk dijadikan berbagai kreasi yang memiliki harga jual tinggi. 

Berbekal dari ilmu pengetahuan di internet, Ibu Aling dan Ibu Dewi melakukan binaan pada ibu-ibu dan warga yang berada di sekitarnya.

 100% Produk Kreatif Asli Indonesia


Waktu yang diperlukan tidaklah sedikit. Mempelajari tekhnik mengayam secara otodidak dari dasar hingga mahir tidaklah mudah. Perlu kesabaran dan juga ketelitian. Memahami seluk beluk anyaman, memperhalus setiap lekukan produk yang akan dihasilkan, semua dilakukan dengan penuh ketekunan. Hingga akhirnya mereka berdua mendapatkan hasil yang sesuai dengan kualitas yang sesuai untuk dipasarkan.

Industri kecil seperti Salam Rancage telah terbukti ikut andil dalam menggerakan perekonomian negara ini.

Karena hasil anyaman yang 100% produk kreatif asli Indonesia milik Salam Rancage berhasil memberikan pendapatan ekonomi untuk individu, warga sekitar bahkan mampu ikut serta mendatangkan devisa negara karena berhasil menembus pasar internasional.

 100% Produk Kreatif Asli Indonesia


Dukungan Pemerintah 

Saat ini keberadaan 100% produk kreatif asli Indonesia sangat didukung keberadaannya oleh pemerintah, baik itu pemerintah daerah mau pun pemerintah pusat.
 100% Produk Kreatif Asli Indonesia

Pemerintah menyediakan berbagai tempat untuk memasarkan produk-produk dalam negeri yang berkualitas, mempermudah perizinan dan mendaftarkan hak paten merek serta mengadakan koperasi bagi pelaku industri kecil. Pemerintah daerah pun sering mengadakan pelatihan-pelatihan keterampilan dan juga yang lainnya dengan tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Pembinaan dan pelatihan masyarakat biasa kita jumpai di kelurahan dan juga kecamatan yang nantinya akan terus dipacu agar bisa terus berkembang. 





Peran Serta Masyarakat

Pasar bebas dan banjirnya barang impor memang tidak bisa dihindari. Tapi sebagai masyarakat, kita juga dapat ikut ambil bagian memperkuat ekonomi dalam negeri dengan cara membeli barang-barang hasil industri yang 100% produk kreatif asli Indonesia. 

Negara kita memiliki jumlah penduduk yang banyak, dengan daya beli yang tinggi tentu dapat mengangkat perekonomian negara kita.

Mencintai produk buatan Indonesia. Pasti kita sudah sering mendengar kalimat itu. Selain kita dengar, jauh lebih baik jika kita benar-benar melakukannya dengan cara membeli barang-barang kebutuhan kita yang asli dibuat oleh anak negeri.

Saat ini tentu tidak sulit untuk kita menemukan tempat penjualan 100% produk kreatif asli Indonesia. Baik itu di mall, pameran bahkan di e-commerce.



Seperti salah satu tempat belanja on line yang recommed yaitu Blibli.com. Di sana dapat kita jumpai Blibli Galeri Indonesia yang disediakan khusus untuk para pendukung 100% produk kreatif asli Indonesia untuk berbelanja.

Bagi pengguna media sosial apalagi pecinta belanja on line, pasti tahu Blibli karena merupakan salah satu pelopor on line shopping mall di Indonesia. Blibli berhasil membuktikan kiprahnya sebagai pendukung pelaku bisnis 100% produk kreatif asli Indonesia. #BlibliGaleriIndonesia menyediakan berbagai macam 100% produk kreatif asli Indonesia yang berkualitas dan siap bersaing dengan produk impor.

100% produk kreatif asli Indonesia


Jika kita mengunjungi #BliliGaleriIndonesia, kita dapat memilih dan berbelanja berbagai kebutuhan yang merupakan hasil produksi dan 100% produk kreatif asli Indonesia. Mulai dari pakaian, makanan, assesoris, tiket dan paket wisata dan banyak lagi yang lainnya.

Blibli.com melengkapi kebanggaan kita sebagai pelanggan dengan menyediakan 100% produk kreatif asli Indonesia yang lengkap, berkualitas dan juga harga terjangkau.

Blibli Galeri Indonesia memiliki beberapa galeri yang dapat kita kunjungi. Yaitu:

Galeri Workshop Indonesia
100% produk kreatif asli Indonesia

Galeri ini berisi berbagai macam kegiatan workshop yang akan dilaksanakan di berbagai tempat. Banyak ragam yang disajikan hingga kita bisa memilih jenis workshop yang kita minati. Mulai dari berbagai macam kesenian seperti melukis, menari, lokakarya yang jika kita ikuti dan tekuni tentu dapat menambah keterampilan diri dan memberi manfaat hingga kita bisa membuka lapangan pekerjaan untuk diri sendiri atau pun dengan orang lain.

Galeri Brand Lokal Indonesia
100% produk kreatif asli Indonesia

Dalam galeri ini banyak pilihan yang disajikan. Galeri ini memuat berbagai macam barang kebutuhan 100% produk kreatif asli Indonesia. Mulai sandal, dompet, t-shirt, helm, ponsel hingga logam mulia.

Galeri Pakaian Muslim Indonesia
100% produk kreatif asli Indonesia

Seperti yang kita ketahui, banyak industri dalam negeri di bidang busana muslim. Pada Galeri Pakaian Muslim Indonesia ini terdapat berbagai macam busana muslim milik desainer dalam negeri. Model yang ditawarkan banyak sekali, baik untuk pria dan wanita.

Galeri Batik Indonesia
100% produk kreatif asli Indonesia

Gema keindahan dan kepopuleran batik sudah mendunia. Berbagai macam motif batik dapat kita temui di sini. Bukan hanya pakaian yang akan kita dapati. Tetapi galeri ini juga menyediakan berbagai macam asesoris batik. Mulai dari deterjen khusus untuk baju batik, ada juga gelang, kalung dan juga jam tangan bermotif batik.

Galeri Buku dan Musik Indonesia
100% produk kreatif asli Indonesia

Bagi pecinta buku dan musik, wajib masuk ke galeri ini. Untuk pecinta musik, disajikan berbagai alat untuk mendengarkan musik. Seperti radio, alat musik, VCD hingga assesoris yang berhubungan dengan musik.
Begitu pula dengan buku. Tersedia berbagai buku bacaan, fiksi, non fiksi dan juga genre bacaan lainnya.

Galeri Kriya Indonesia
100% produk kreatif asli Indonesia

Pada galeri ini, kita akan menemui berbagai macam kerajinan tangan asli dari dalam negeri. Seperti produk-produk anyaman, radio dan speaker kayu cantik dan unik, kursi dan juga asesoris etnik.

Galeri Kecantikan Indonesia
100% produk kreatif asli Indonesia

Dari namanya sudah jelas yah. Kita para perempuan pasti betah berada di galeri ini. Bebas pilih produk kecantikan yang kita inginkan sesuai kebutuhan. Mulai dari produk perawatan rambut, perawatan wajah dan kulit dan juga kosmetik.

Galeri Tiket dan Travel Lokal Indonesia
100% produk kreatif asli Indonesia

Suka jalan-jalan? Piknik-piknik? Traveling? Masuk ke galeri ini yah. Indonesia ini luas. Tempat wisatanya tidak kalah cantik dengan luar negeri. Di sini kita bisa mendapatkan tiket perjalanan, paket wisata, tiket masuk pertunjukan dan berbagai voucher.

Galeri Kuliner Indonesia
100% produk kreatif asli Indonesia

Indonesia terdiri dari banyak suku dan budaya. Begitu pula kuliner yang beraneka. Pada galeri ini, kita akan disajikan berbagai macam kuliner yang menggugah selera. Mulai dari bahan pokok, makanan, cemilan hingga bumbu-bumbu khas dari berbagai daerah.


Blibli.com memberikan layanan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Selain itu, Blibli juga memiliki berbagai macam metode pembayaran yang dapat dipilih pembeli. Ada juga program cicilan 0% bagi pengguna kartu kredit.

 100% Produk Kreatif Asli Indonesia

Dapatkan aplikasi Blibli.com di playstore. Kemudian login menggunakan e-mail lalu klik #BlibliGaleriIndonesia

Pilih produk yang diminati, masukan ke keranjang belanja. Pilih metode pembayaran, setelah itu kita akan mendapatkan pemberitahuan melalui e-mail dan sms. Setelah itu lakukan pembayaran sesuai metode yang kita pilih atau bisa juga kita pilih metode pembayaran saat barang datang bersama kurir.

100% produk kreatif asli Indonesia


Salah satu kelebihan yang ditawarkan pada pembeli adalah pemberian reward. Di sini para pembeli dapat memastikan bahwa pilihannya berbelanja di e-commerce ini adalah pilihan yang tepat. 


Syarat dan ketentuan jika kita mengikuti Blibli Rewards meliputi empat hal berikut:

 100% Produk Kreatif Asli Indonesia

A. Perolehan Poin
B. Saldo Poin
C. Keuntungan Member
D. Level Keanggotaan



 100% Produk Kreatif Asli Indonesia

Kita semua pasti menginginkan keadaan ekonomi negara kita terus stabil bahkan seharusnya terus meningkat. Jadi jangan ragu untuk terus belajar mengembangkan diri atau setidaknya tidak perlu ragu lagi untuk membeli produk-produk hasil buatan dalam negeri. 

Karena sudah banyak pelaku industri dalam negeri terus berinovasi. Meningkatkan mutu hasil produksi dan juga berani memberi harga yang kompetitif. 
Dengan membeli barang-barang yang 100% produk kreatif asli Indonesia, kita telah ikut berpartisipasi dalam menguatkan laju ekonomi di negara kita. 

22 comments:

  1. Indonesia produknya juga bagus bagus mbak ,.... semoga menang mbak kompetisinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, betul. Banyak yang sudah menembus pasar internasional.

      Makasih doanya

      Delete
  2. Aku dukung juga produk kreatif Indonesia, mba :)

    ReplyDelete
  3. Saya termasuk yg sering belanja menggunakan blibli. . dan termasuk yg suka membeli produk brand indonesia. Kalau bukan kita, siapa lagi toh yg mau memajukan produk2 negeri sendiri. godluck ya mb rani. . semoga sukses lombanya

    ReplyDelete
  4. Lengkap banget mbak liputannya, aku sih belum pernah belanja via blibli .. ntar coba browsing barang yang lagi promo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuk belanja di blibli.com, mba. Recomended banget

      Delete
  5. ternyata makin banyak ya orang orang Indonesia yang kreatif dengan produknya masing masing. Salut deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya makin kreatif, mba. Semoga makin banyak dan makin maju usaha2 mereka

      Delete
  6. Saya beberapa kali nih belanja di blibli. Ada gratis ongkirnya sih. Dan saya emang suka produk lokal, Mbak.

    ReplyDelete
  7. pada dasarnya produk lokal kita itu berkualitas bagis mbak, apalagi yang handcraft, itu asli dikenal luas di manca negara, cuma sayangnya masyarakat kita sendiri kurang mengenalnya. di luar gencar, tapi didalam negeri kurang terdengar gaungnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Harusnya masyarakat lebih minat lagi yah. Jadi saling bantu

      Delete
    2. Iya. Harusnya masyarakat lebih minat lagi yah. Jadi saling bantu

      Delete
  8. Replies
    1. Keren banget, Mba. Bisa bantu perekonomian warga sekitar juga

      Delete
  9. Usaha Kecil dan Menengah memang sangat berpengaruh pada penguatan prekonomian negeri ini
    sip mari kita dukung UKM semampu kita

    ReplyDelete
  10. Saya juga suka pakai produk asli Indonesia, Mbak. Ada sentuhan tradisional Indonesia tuh rasanya bangga aja makainya :)

    ReplyDelete
  11. Sekarang makin banyak marketplace menawarkan produk-produk kreatif Indonesia, salah satu diantaranya adalah BliBliDotCom. Semoga dengan kehadiran marketplace seperti ini produk kita bisa dikenal lebih luas. I love produk Indonesia... Salam dari BloggerBorneo.Com :-)

    ReplyDelete
  12. aku termasuk pelaku jualan online, dengan adanya market place ngebantu banget buat bisnis ku, makasih marketplace udah ngebantu kami ngebamngin usaha

    ReplyDelete

Tinggalkan jejakmu di sini :)
Maaf, mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Thanks.