Pages

RACH ALIDA BAHAWERES INSPIRASI WANITA DALAM PENDIDIKAN


Wanita adalah kunci dari segala keberhasilan, baik itu keberhasilan seorang laki-laki, seorang anak bahkan kunci keberhasilan sebuah negeri. 

Masih beranggapan bahwa wanita yang hanya memegang peranan di dalam rumah itu tidak perlu pintar? Salah besar!

Sebagai seorang wanita pintar adalah hal yang wajib untuknya. Karena wanita adalah sumber informasi, pemberi motivasi bahkan wanita dapat menjadi pemegang kendali di dalam sebuah lingkungan. Jadi jangan pernah menganggap wanita itu tidak memerlukan pendidikan yang tinggi, karena peran dan tanggung jawabnya amatlah penting.

Seperti salah satu rekan blogger yang profilnya akan saya ulas berikut ini. Rach Alida Bahaweres seorang wanita yang memiliki semangat tinggi dalam menempuh pendidikan. Dari awal hobi membaca yang dimilikinya ia mampu membuka dunia, mengolah informasi dan menyampaikannya pada dunia.

Rach Alida Bahaweres terjun ke dunia jurnalis pada saat semester tiga masa kuliahnya, berawal dari jurnalis freelance ini menapaki karier. Hingga akhirnya ia bergabung menjadi seorang kontributir Majalah Gatra. Isu yang sering ia bahas adalah isu perempuan dan segala macam pembahasannya. Selain itu ia juga mengerjakan isu kesehatan, politik dan hukum juga yang lainnya.

Selain sebagai seorang jurnalis, Rach Ida Bahaweres juga aktif dalam sebagai pengurus Aliansi Jurnalis Independen, yang dipercaya selama dua periode menjadi koordinator Divisi Perempuan AJI Indonesia.

Keaktifannya dalam organisasi AJI membuatnya harus sering bepergian ke berbagai provinsi di Indonesia, untuk mengisi pelatihan menulis, jurnalistik dan juga isu perempuan. Namun, keaktifannya kini harus dibatasi demi mengawasi tumbuh kembang anak-anaknya, hingga akhirnya ia pun melepas keaktifannya di organisasi tersebut.

Rach Alida Bahaweres bekerja delapan tahun di Majalah Gatra, setelah itu ia pindah ke Kompas TV dan menjadi Koordinator Peliputan Daerah Kompas TV. Saat awal bergabung dengan Kompas TV Rach Alida Bahaweres sedang melanjutkan beasiswa pendidikan S2 di Kriminologi FISIP UI. 
Dapat dibayangkan bagaimana membagi waktu antara pekerjaan, rumah tangga dan pendidikan yang sedang dijalankan olehnya? Tentu saja penuh perjuangan dan pengorbanan yang ditempuh. 

Kehidupan Rach Alida Bahaweres tentu dapat menginspirasi para wanita di Indonesia terutama di bidang pendidikan.       

2 comments:

  1. Iiih jadi malu dibilang inspirasi, mbaa :) Sampai skarang aku masih belajar menulis, mba
    Makasih ya mbaaaa ;)

    ReplyDelete
  2. Sip, pendidikan bagi anak yang terpenting adalah bagaimana didikan orang tuanya terutama ibu, maka sepatut nya seorang ibu jg memiliki pengetahuan dan pendidikan yang tinggi. :)

    Salam

    ReplyDelete

Tinggalkan jejakmu di sini :)
Maaf, mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Thanks.