OLEH-OLEH KHAS JAKARTA? CARI DI TEMPAT INI


Sebenarnya kalau ngomongi oleh-oleh khas dari Jakarta, saya sendiri bingung juga sih. Seperti kata Enno Lerian pada masa kejayaannya semuanya ada di sini. *ketauan dah tuwir yak.

Tapi, emang bener. Di Jakarta hampir semua ada, baik itu makanan, fashion atau apa pun ada aja yang jual. Pusat perbelanjaan juga banyak banget di sini.

Hmmm..., jadi bingung kan kalau ditanya yang khas dari Jakarta.
Sebagai warga Jakarta asli maka sudah menjadi tugas saya untuk memberitahukan informasi berikut ini.
Ada beberapa jenis pilihan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Jakarta nih.

1. Makanan Ringan

Bir pletok.
Duh, namanya horor yah. Etapiii,  jangan parno dulu yah. Bir pletok ini asli betawi dari jaman Belanda masih eksis di mari.

Nah, orang Belanda kan suka minum bir tuh. Nah, orang Betawi dulu ga mau kalah dah tuh. Tapi, bir pletok ini ga mengandung alkohol melainkan minuman yang terbuat dari jahe dan rempah-rempah lainnya yang menghangatkan tubuh dan menjaga stamina. Dari sini ketara dah tuh, segala budaya luar yang datang ke sini jangan ditelan bulat-bulat, biar keren yang penting halal. Ada juga dodol betawi, kue kembang goyang, akar kelapa. Kalau pas lebaran toples-toples sekampung penuh dah sama makanan itu semua.



2. Fashion

Fashion khas Jakarta sekarang yang paling mudah didapat tuh t-shirt dengan gambar Monas. Nah, kalau lagi plesiran ke Jakarta mampir dah tuh ke Monas sekalian beli kaos. Banyak koq Abang-abang dikiosnya yang jual kaos ini. Ada juga Batik Jakarta. Batik Jakarta ini sudah termasuk langka lho. Jadi kalau pas ketemu langsung beli aja, dari pada nyesel. Batik Jakarta ini biasanya memiliki motif perempuan yang lagi nari khas Betawi, Monas, burung hong, ondel-ondel dan coraknya berwarna nge-jreng, terang dan ceria gitu dah kaya Jakarta yang ceria mulu siang malem *kotanya yah, kalau warganya mah Insyaa Allah ceria mulu juga dah.

3. Souvenir

Souvenir juga paling banyak diminati sebagai oleh yah. Seperti gantungan kunci, tempelan kulkas dan lain-lain. Nah, yang khas dari Jakarta itu berbentuk miniatur khas Jakarta seperti ondel-ondel dan monas.

Baca juga: 

Nah, sekarang di mana bisa mendapatkan oleh-oleh tersebut? Biasanya kalau kita ke tampat wisata pasti ada yang jual deh. Tapi, ada pusatnya juga nih yaitu di 

Pusat Oleh-oleh & Kerajinan Jakarta
Jl. Dr. Satrio no. 7, Karet Kuningan, Jakarta (kira-kira 100m dari Ciputra World 1) www.KhasJakarta.com Buka setiap hari dari jam 10 pagi – 7 malam. Ada juga outlet nya di

Thamrin City Lt. 1 blok H5 no. 5
K.H. Mas Mansyur, Kebon Melati, Tanah Abang.
email: JakartaKhas [at] gmail [dot] com 

Tempat itu terdiri dari UKM yang memiliki produk khas Jakarta. Jadi, jangan lupa yah, kalau ke Jakarta beli oleh-olehnya juga yang KHAS JAKARTA.

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "OLEH-OLEH KHAS JAKARTA? CARI DI TEMPAT INI"

  1. Bir plethok aku suka bikin lho mbak, enaak..hehe

    ReplyDelete
  2. Waktu ke Jakarta sy belikan sepupu dan ponakan kaos monas. Trus beli gantungan kunci juga gambar monas :D

    ReplyDelete
  3. pas temen kuliah dari malaysia dtang ke Jakarta kemarin, dia juga beli souvenir2 khas jakarta di thamrin city :D.. murah2 soalnya... dan bagus2 kan.. temenKu sampe kalap dan bnyk ngeborong ;D

    ReplyDelete
  4. miniatur ondel-ondelnya lucu :)

    @gemaulani

    ReplyDelete
  5. aku sering dengar kata bir pletok mbak. tapi baru tau ini kalau itu adalah minuman tradisional dan nggak mengandung alkohol :D

    @Penovediah

    ReplyDelete
  6. Aku yang lama tinggal di jakarta malah ngga tau ada tempat khusus yang jual oleh-oleh khas jakarta. Hihi. Makasi infonya ya Maaaak

    ReplyDelete
  7. Wah saya suka miniaturnya. Yang monas pasti keren tuh :-)
    @ge1212y

    ReplyDelete
  8. Jakarta kota serba ada. Utk beli khas jakarta bukan hal sulit sebenarnya terutama soal souvenir ya mba

    @siethi_nurjanah

    ReplyDelete
  9. Btw katanya monas sekarang harus bersih dari PKL dan Asongan ya.. .

    ReplyDelete
  10. Wah bagus kayanya mbak, lengkap atau hanya pernak pernik khas jakarta saja mbak ?

    ReplyDelete
  11. Hahah.. Namanya lucu amat bir pletok mbk, banyak juga ya oleh-oleh yang bisa di dapat dari Jakarta... Salam

    ReplyDelete
  12. Wah, makasih artikelnya. Soalnya aku suka bingung oleh-oleh dari Jakarta, apa yah.. :D

    ReplyDelete
  13. Makanan betawi aku paling suka kue kue tradisional yg suka ada kalo lagi hajatan tuh. Ky kue cincin, kue pisang, geplak, kue cucur, wah enyak2 itu

    ReplyDelete
  14. Terkesan dengan boneka ondel2nya. Dulu banyak lidinya di kepala, sekarang ikuti zaman yaa... Serba minimalis. :)

    ReplyDelete

Tinggalkan jejakmu di sini :)
Maaf, mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Thanks.