CITARASA KHAS INDONESIA

Untuk Emak-emak pecinta kuliner dan juga yang doyan masak pasti tau deh citarasa yang khas berikut ini.
Citarasa yang khas ini bakal bikin kita inget walau pun kita berada di luar negeri.

•~ PEDAS
Cabai Indonesia ternyata memiliki level yang berbeda-beda lho, Mak. Dari level terendah hingga level yang paling pedas. Dan ada cabai yang berasal dari daerah Tapin, Kalimantan Selatan yang mendapatkan predikat cabai terpedas, dan cabai itu bernama cabai hiyung.


•~ GURIH TERASI
Aku termasuk yang menyukai cita rasa unik dari terasi. Fermentasi dari  udang rebon yang dibentuk kotak atau pun bulat ini biasa digunakan untuk membuat sambal, nasi goreng dan juga penyedap pada kuah sayur-sayuran dan aku paling suka asinan buah yang berasa banget terasinya.



•~ LEMAK SANTAN
Perasan hasilkan parutan santan yang dicampur air ini memberikan rasa lemak dengan rasa yang gurih. Beberapa penduduk yang tinggal di provinsi tertentu ada yang selalu menggunakan santan untuk setiap hidangannya.


•~ PETIS
Hampir sama dengan terasi, dibuat dari campuran sari udang dan juga  ikan-ikan laut. Bumbu ini biasanya terdapat di daerah jawa timur. Makanan yang dapat diolah dengan petis adalah sambal, lontong atau pun tahu campur.

Pasti tahu donk sama citarasa di atas? Kalau ada yang mau nambahin juga boleh koq.        

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "CITARASA KHAS INDONESIA"

  1. Paling gak suka pedasss....tapi suka gurih terasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka mba.

      Beda gurihnya sama yang lain

      Delete
  2. Paling gak suka pedasss....tapi suka gurih terasi

    ReplyDelete
  3. Aduh, ini suamiku banget.. Kalau udah berangkat pasti bawa sambel terasi yang langsung jadi itu loh mba, abc kalau gak salah.. Sama teh poci kesukaannya.. Memang makan tanpa sambal itu gimana ya... Gak hot gitu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihii
      Iya, banyak yang suka sama rasa pedas ya, mba Asti

      Delete

Tinggalkan jejakmu di sini :)
Maaf, mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Thanks.