OBLOK BEBEK, MASAKAN KHAS BETAWI

Assalamualaikum Wr. Wb.
Resep oblok bebek khas betawi


Sebagai None Betawi yang kaga pernah ikut kontes di mane-mane, aye pengen mengabadikan sebuah resep yang udeh turun temurun dari daerah ini.
*narsis ga jelas
Resep adalah hasil dari nyolek Mpok Haji tempat langganan aye beli.
*Hihihiii...
Kalau mau coba boleh daah.


Oblok bebek adalah makanan khas dari daerah Betawi Cakung, khususnya sepanjang Kampung Baru Tipar Cakung.
Oblok bebek ini memiliki cita rasa yang khas. Ada juga cita rasa lainnya di artikel ini.

VOUCHER DISKON PALING HEMAT? DOWNLOAD DEALOKA AJA

Biasanya menu Oblok ini menggunakan bahan berupa unggas yang biasa disebut Nila atau Entog, semacam bebek yang memiliki leher tidak terlalu panjang. Tapi karena sekarang agak susah mendapatkannya jadi banyak yang beralih ke Bebek.



Perpaduan cita rasa yang khas, seperti pedas, asam dan gurih menjadi pilihan yang tepat bersanding dengan nasi hangat.

Baca sekalian ye, bumbu khas betawi nih 
Kendala terbesar saat memasak adalah membuat dagingnya harus terasa empuk, bagi Nyak-nyak yang sabar bisa merebusnya hingga 2-3 jam hingga bumbu meresap. Tapi bagi Emak- emak kekinian lebih memilih menggunakan panci presto.

1 ekor bebek/entog
100 gram cabe rawit rawit (optional)
100 gram cabe rawit hijau (optional)
20 butir bawang merah
8 butir bawang putih
1,5 sdt lada butir
1 sdm tumbar
6 butir kemiri
5 cm kunyit
5 cm jahe
4 lbr daun salam
3 batang sereh
5 cm lengkoas
3 sdm air asam jawa
garam dan penyedap rasa secukupnya
air secukupnya
minyak untuk menumis

Resep oblok bebek khas betawi



1. Bersihkan daging bebek, rendam air perasaan jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit, cuci kembali dan tiriskan.
2. Haluskan bumbu, kecuali daun salam, sereh dan lengkoas cukup dimemarkan.
3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai matang dan harum.
4. Masukan bebek yang sudah dicuci bersih tadi, aduk perlahan bebek berubah warna.
5. Tambahkan air, masak sampai bebek empuk dan airnya habis, kering tapi tidak gosong.
6. Tambahkan larutan air asam jawa, garam dan bumbu penyedap lalu aduk rata
7. Oblok bebek yang lezat siap disajikan dengan taburan bawang goreng.


Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "OBLOK BEBEK, MASAKAN KHAS BETAWI"

  1. Saya nggak pernah masak bebek...tapi kalo makannya sering, belum tau caranya sih.

    ReplyDelete
  2. wahhh pengen cobaaa, kebetulan sekeluarga penggemar bebek..

    makasih resepnya ya mba, salam kenall...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah... sama donk. Favorit nih menu, Mba. Salam kenal kembali, Mba Zata

      Delete
  3. Waduh kalau masalah masakan saya pasti gak kukuk,,, hehehe

    ReplyDelete
  4. Ini mah masakan enyak aye mpo, apalagi makannya ame jengkol di cabein, manteb bangat dah, aye orang kampung baru tipar cakung, salam kenal ye

    ReplyDelete
  5. Bumbunye ada yang gk pas mpok,asem jawa di ganti pake asem muda,kate enyak aye rasanye beda,lebih sedep pake asem muda..

    ReplyDelete
  6. Saya coba masak entok pake resep ini.

    ReplyDelete

Tinggalkan jejakmu di sini :)
Maaf, mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Thanks.